Belajar
Pengertian Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli
Makalah tentanhg pembahasan Pengertian Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli Pendidikan. Apa yang dimaksud Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli Pendidikan ? Berikutini Pengertian Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli
1. Hilda Taba (1962) menyatakan: “A curriculum is a plan for learning; therefore, what is known about the learning process and
the development of the individual has bearing on the shaping of a curriculum” Kurikulum adalah sebuah rancangan
pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses
pembelajaran serta perkembangan individu
2. Daniel
Tanner & Laurel Tanner : Pengalaman pembelajaran yang terencana dan
terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman
yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat
terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial
pribadinya.
3. Romine:
“Curriculum is interpreted to mean all of the organized courses, activities,
and experiences which pupils have under direction of the school, whether in the
classroom or not (Romine, 1945,h. 14).” Kurikulum mencakup semua temu
permbelajaran, aktivitas dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dengan
arahan dari sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.
4. Murray Print (1993) menyatakan: “Curriculum is
defined as all the planned learning opportunities offeredto learner by the
educational institution and the experiences learners encounter whenthe
curriculum is implemented” Kurikum
didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada
siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat
kurikulum itu terapkan.
5. Kurikulum menurut Tanner and
Tanner (1980), kurikulum sebagai
modus mengajar, sebagai pengetahuan yang diorganisasi, sebagai arena
pengalaman, sebagai pengalaman yang terbimbing, mencakup kegiatan-kegiatan
pembelajaran yang masih harus dikaji oleh guru, jalan meraih ijazah yang
merupakan syarat mutlak dalam pendidikan formal.Dari
pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.
Tidak ada komentar
Posting Komentar